image description
image
  • 2024-06-30 00:00:00
  • Farmasi
  • 149
  • Kegiatan Prodi
INTERPROFESIONAL EDUCATION “Penyakit Tidak Menular (HIPERTENSI)”

Ungaran, 30 Juni 2024, mahasiswa dari fakultas kesehatan prodi farmasi dan prodi ilmu keolahragaan bergabung dalam sebuah kegiatan Interprofesional Education (IPE) didamping dengan dosen pembimbing kami yaitu ibu apt. Agitya Resti E., S.Farm, M.Sc. Kegiatan ini diselenggarakan di Rusunnawa Ungaran, Gedanganak dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat dan mencegah penyakit tidak menular, khususnya hipertensi. Acara dimulai dengan sesi pengecekan tensi gratis. Mahasiswa farmasi bergabung dalam mengukur tekanan darah para peserta dengan peralatan medis yang tepat. Kami memberikan konsultasi serta saran untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Bagi warga yang memiliki tekanan darah tinggi, mahasiswa memberikan arahan untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter.

IPE.png 849.01 KB
Setelah sesi pengecekan tensi, acara dilanjutkan dengan sosialisasi hipertensi. Mahasiswa farmasi memberikan presentasi informatif tentang penyebab, gejala, dan dampak buruk dari hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kami mengedukasi peserta mengenai pentingnya menjaga pola makan sehat, menghindari rokok, dan melakukan aktivitas fisik secara teratur untuk mencegah hipertensi.
IPE2.png 947.9 KB
Acara kemudian diakhiri dengan sesi senam yang meriah dan energik, dipandu oleh mahasiswa ilmu keolahragaan (IKORA). Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi peserta/warga, tetapi juga menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa. Mahasiswa belajar bekerja sama secara interprofesional, mengintegrasikan pengetahuan dari bidang farmasi dan ilmu keolahragaan, serta mengaplikasikan keterampilan dalam memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan dengan antusiasme yang tinggi dan semangat kerjasama yang solid, kegiatan Interprofesional Education ini menjadi langkah penting dalam mempromosikan gaya hidup sehat dan mencegah penyakit tidak menular di kalangan masyarakat. Kolaborasi antara farmasi dan ilmu keolahragaan terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran dan memberikan kontribusi positif bagi kesehatan masyarakat.
IPE3.png 1.14 MB




Kategori

Farmasi Universitas Ngudi Waluyo

  • Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
  • Tel: (024)-6925408
  • Fax: (024)-6925408
  • Email: farmasiunw06@gmail.com

SOSIAL MEDIA


UNIVERSITAS NGUDI WALUYO © Program Studi Farmasi Universitas Ngudi Waluyo 2023