image description
image
  • 2024-06-19 00:00:00
  • Farmasi
  • 304
  • Kegiatan Prodi
“SEHATI TANPA SI DIA” (Sehat Setiap Hari Tanpa Hipertensi dan Diabetes)

Ungaran, 19 Juni 2024 – UPTD Puskesmas Leyangan mengelar program inovatif bertajuk “SEHATI TANPA SI DIA” (Sehat Setiap Hari Tanpa Hipertensi dan Diabetes) di Universitas Ngudi Waluyo. Program ini bertujuan untuk melakukan skrining deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular (DDFR PTM) seperti hipertensi dan diabetes yang semakin marak di tengah masyarakat.

Acara ini dihadiri oleh dosen, dan staf Universitas Ngudi Waluyo. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya preventif untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya deteksi dini dalam mengendalikan penyakit tidak menular yang dapat berdampak serius pada kesehatan masyarakat.

UPTD Puskesmas Leyangan menyampaikan, “Program SEHATI TANPA SI DIA ini dirancang untuk memberikan edukasi dan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat, khususnya generasi muda, agar mereka lebih peduli terhadap kesehatan diri sendiri. Dengan deteksi dini, kita dapat mencegah komplikasi yang lebih serius dan meningkatkan kualitas hidup.”

Dalam program ini, para peserta menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan yang meliputi pengukuran tekanan darah, tes gula darah, dan wawancara terkait riwayat kesehatan keluarga. Selain itu, peserta juga mendapatkan edukasi mengenai gaya hidup sehat, pentingnya aktivitas fisik, serta pola makan yang seimbang untuk mencegah hipertensi dan diabetes.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi seluruh civitas akademika. Kami berharap kerja sama dengan UPTD Puskesmas Leyangan dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang nyata dalam upaya pencegahan penyakit tidak menular di lingkungan kampus,” ujarnya.

Para peserta program “SEHATI TANPA SI DIA” juga diberikan kesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan tenaga medis dari Puskesmas Leyangan, serta mendapatkan brosur dan materi edukasi kesehatan. Program ini diharapkan dapat menjadi model bagi puskesmas lain dalam upaya meningkatkan kesadaran dan pencegahan penyakit tidak menular di tengah masyarakat.

Dengan adanya program inovatif seperti ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya deteksi dini dan pencegahan penyakit tidak menular, sehingga dapat terwujud masyarakat yang lebih sehat dan produktif.



Kategori

Farmasi Universitas Ngudi Waluyo

  • Jl. Diponegoro no 186 Gedanganak - Ungaran Timur, Kab. Semarang Jawa Tengah
  • Tel: (024)-6925408
  • Fax: (024)-6925408
  • Email: farmasiunw06@gmail.com

SOSIAL MEDIA


UNIVERSITAS NGUDI WALUYO © Program Studi Farmasi Universitas Ngudi Waluyo 2023